TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEB TDESIGN. SALAM BERBAHAGIA SELALU UNTUK SEMUA, SALAM SUKSES DAN SELAMAT BERAKTIVITAS.

LIHAT....PROFIL DESAIN YANG SUDAH KAMI KERJAKAN

PILIHAN HARGA JASA DESAIN

WELCOME HAK CIPTA,TDESIGN..Dilarang memakai/menggunakan seluruh isi/materi/desain dari blog ini tanpa ijin dari TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

PERHATIAN . !!

KEPADA YTH. BP. DEDI ALEXANDER..JIKA BAPAK BERITIKAD BAIK DAN MENGHORMATI PROFESI KAMI, SILAHKAN BAPAK KONFIRMASI MENGENAI JANJI DAN KEWAJIBAN BAPAK YANG BELUM BAPAK SELESAIKAN.HUBUNGI EMAIL KAMI. TERIMA KASIH TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

Senin, 23 Juni 2014

MEMBANGUN RUMAH SENDIRI tahap 2

Pada posting sebelumnya saya sudah menulis tentang tahapan membangun rumah sendiri bagian 1. Sekarang akan dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu menyiapkan pondasi. Sebaiknya Anda sudah membaca tentang persiapan sebelum membangun rumah agar Anda lebih paham saat mempelajari tahapan-tahapan membangun rumah.

2. Membuat pondasi
Untuk membuat pondasi pertama kali yang harus dilakukan adalah memetakan gambar denah ke area fisik lahan yang akan dibangun rumah. Biasanya menggunakan tali berwarna putih. Tujuannya adalah agar ukuran rumah tepat saat dilakukan pembangunan.

Selanjutnya adalah membuat galian yang akan menjadi tempat dibuatnya pondasi. Silakan baca kembali tentang macam-macam pondasi pada artikel tentang cara membangun rumah. Setelah lobang pondasi dibuat, maka pondasi dapat dibuat di atasnya. Membuat pondasi punya tantangan tersendiri, karena menggunakan batu, salah satunya adalah membutuhkan tenaga untuk memindahkan batu yang agak besar sebagai bahan pondasi bagian bawah. Selain itu, untuk mengisi sela-sela di antara batu-batu besar diperlukan ukuran batu yang lebih kecil, terkadang untuk kebutuhan ini tukang akan memecah atau membelah batu jika tidak menemukan ukuran yang sesuai.

Batu-batu pondasi disatukan dengan menggunakan campuran semen pasir dengan perbandingan 1:4 (satu takaran semen dan empat takaran pasir) tujuanya adalah agar memiliki kekuatan yang memadai. Tidak diperlukan koral/kerikil pada campuran ini. Perhatikanlah contoh gambar pondasi yang sudah jadi berikut ini:

Pondasi rumah pada gambar di atas menggunakan batu putih atau batu gunung. Pilihan batu ini lebih hemat biaya, lebih mudah dalam pengerjaan karena lebih ringan dari batu kali dan lebih mudah membelahnya.

Bagian atas pondasi dibuat rata, agar mudah pada tahapan membangun rumah selanjutnya yaitu membuat sloof. Seletelah pondasi selesai, ratakan kembali tanah yang masih berongga di sekitar kiri dan kanan pondasi. Biarkan semen dan pasir sampai pondasi benar-benar merekat dengan kuat.
Posting Komentar

RUMAH IDELA MINIMALIS 10X20 M2

RUMAH UKURAN 7 X 12.50 M2 ( 2 LANTAI )

DESAIN TERBARU RUMAH UKURAN 10 X 20 M2

PROMO DESAIN RUMAH MINIMALIS MEWAH 2 LANTAI

RUMAH IDEAL MINIMALIS 10X20 M2

PROMO RUMAH MINIMALIS 2 LANTAI 15 X 20 M2

RUMAH TIPE 70/120 (8X15 M2 )

RUMAH TIPE 70/136 ( 8 X 17 M2 )

INFORMASI TERBARU CLUSTER PITARA LOKA

GALERI TDESIGN 2015

SALAH SATU PROJECT RUMAH TERBANGUN DI TAHUN 2016