TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEB TDESIGN. SALAM BERBAHAGIA SELALU UNTUK SEMUA, SALAM SUKSES DAN SELAMAT BERAKTIVITAS.

LIHAT....PROFIL DESAIN YANG SUDAH KAMI KERJAKAN

PILIHAN HARGA JASA DESAIN

WELCOME HAK CIPTA,TDESIGN..Dilarang memakai/menggunakan seluruh isi/materi/desain dari blog ini tanpa ijin dari TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

PERHATIAN . !!

KEPADA YTH. BP. DEDI ALEXANDER..JIKA BAPAK BERITIKAD BAIK DAN MENGHORMATI PROFESI KAMI, SILAHKAN BAPAK KONFIRMASI MENGENAI JANJI DAN KEWAJIBAN BAPAK YANG BELUM BAPAK SELESAIKAN.HUBUNGI EMAIL KAMI. TERIMA KASIH TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

Minggu, 29 Juni 2014

Memilih dan Menghitung Pondasi Rumah

Memiliki rumah yang nyaman dan aman memang menjadi impian semua orang, namun banyak yang harus kita sadari dan kita perhatikan dalam membangun rumah yang nyaman dan aman.

Tidak hanya kebersihan dan keindahan rumah saja yang bisa membuat hunian kita menjadi nyaman, salah satunya adalah dengan membangun dan memilih bahan bangunan yang kokoh. Tidak hanya itu saja, pondasi rumah pun memiliki kaitan yang sangat penting dalam memberikan kenyamanan.

Kenyamanan sendiri adalah suatu rasa yang dicari semua orang, karena itulah kenyamanan sangat penting dalam sebuah hunian. Meski setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda, namun tetap saja kenyamanan memiliki standar yang bisa dirasakan setiap orang.

Untuk pertimbangan dalam memilih jenis pondasi memang kita harus melihat semua ornamen yang ada. Jenis dan konsep hunian yang kita inginkan pun harus jelas, hal inilah yang nantinya akan memudahkan kita untuk memilih jenis pondasi rumah yang tepat.

Bila tanah keras dan terletak di kedalaman 2-3 meter maka sebaiknya anda menggunakan jenis pondasi dangkal jenis pondasi jalur atau pondasi strouspile. Pondasi jenis ini lebih mudah dalam pengerjaannya, selain itu juga jenis pondasi ini mudah disesuaikan oleh bentuk bangunannya, umumnya untuk bangunan yang kecil dan ekonomis.

Namun bila kondisi tanah keras berada pada kedalaman hingga 10 meter atau lebih dari permukaan maka jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi jenis pondasi tiang minipile dan pondasi sumuran. Pondasi jenis ini sangatlah mengikat, dan memperkuat bangunan yang ada.

Bila tanah keras terletak di kedalaman 20 meter maka jenis pondasi yang dipakai biasanya adalah berupa pondasi tiang pancang atau pondasi bor pile, kedua pondasi jenis ini memang memiliki fungsi yang relatif sama, perbedaannya hanya di tingkat kedalamannya saja. Yaitu agar ujung pondasi menginjak di atas tanah keras.

Pondasi lajur pasangan batu, pondasi ini adalah pondasi yang paling banyak digunakan pada perumahan, rumah pribadi, pondasinya setinggi 80 cm dan lebar sama dengan tingginya. Kelebihan pondasi lajur pasangan batu adalah sangat mudah dalam pelaksanaannya. Waktu pengerjaannya pun relatif cepat, dan bahan-bahan bangunannya pun relatif mudah untuk mendapatkannya, khususnya batu belah di Pulau Jawa. Namun kekurangan pondasi lajur pasangan batu adalah sulitnya diperoleh batu belah pada daerah tertentu, menjadi mahal untuk daerah tertentu dan sangat mahal untuk rumah bertingkat.

Begitu pula dengan pondasi tapak atau pondasi pelat beton setempat, pondasi yang biasa digunakan untuk pondasi gedung bertingkat ini memiliki beberapa kelebihan seperti biaya murah, galian tanah lebih sedikit, untuk bangunan bertingkat lebih handal daripada pondasi lajur. Dan kekurangan pondasi tapak atau pondasi pelat beton setempat ialah harus menyiapkan bekisting atau cetakan dahulu, memakan waktu lama, tidak semua tukang bisa mengerjakan, pekerjaan rangka besi sudah dibuat sejak awal dan diperlukan pengetahuan terhadap ilmu struktur.


Pekerjaan pondasi merupakan sebuah item pekerjaan dalam sebuah konstruksi rumah tinggal yang keberadaanya sangat penting sebagai tempat berdirinya rumah diatasnya, struktur pondasi harus dibuat dengan ukuran dan jenis pondasi yang kuat untuk menahan beban bangunan, meskipun konstruksi pondasi keberadaanya tidak terlihat setelah pekerjaan finishing rumah, namun efek tidak kuatnya pondasi tentunya akan sangat fatal bagi rumah tersebut, contoh akibat yang terjadi jika sebuah pondasi rumah tidak kuat antara lain :

Terjadi keretakan pada dinding bata;
Rumah miring karena terjadi penurunan bangunan pada satu sisi pondasi;
Rumah amblas karena terjadi penurunan pondasi dan tanah diatasnya;
Keruntuhan rumah adalah akibar terbesar dari gagalnya struktur pondasi.

Berikut ini sebuah contoh perhitungan biaya pondasi rumah
Pondasi rumah dapat kita hitung volume penampang pondasi yang berbentuk trapesium dan persegi empat
Luas trapesium = ( jumlah sisi sejajar / 2 ) x tinggi pondasi
Luas trapesium = ( (0,3 m + 0,6 m ) / 2 ) x 0,6 m = 0,27 m2
Luas persegi panjang = panjang x lebar
Luas persegi panjang = 0.7 m x 0.15 m = 0,105 m2
Luas = 0.375 m persegi
dari luas penampang tersebut maka dapat kita hitung biaya pekerjaan, kebutuhan batu kali, pasir dan semen setiap 1 meter panjang pondasi

Volume pondasi per meter = 1 m x 0.375 m2 = 0.375 m3
Analisa harga pondasi per m3 sebagai berikut
(update)
harga pondasi per meter = 0.375 x Rp. ( harga per meter 3 ) =
*daftar harga bahan dan upah dapat dirubah menyesuaikan keadaan dan harga pasaran dilokasi bangunan dibangun.
dari perhitungan diatas dapat kita ketahui bahwa harga pekerjaan pondasi per meter adalah Rp. (update)

Untuk menghitung biaya pondasi 1 rumah lengkap, maka sebelumnya kita hitung saja total panjang pondasi yang akan dikerjaan dalam rumah tersebut, selanjutnya nilai panjang pondasi tersebut kita kalikan dengan harga pondasi permeter, misalnya kita akan membangun rumah dengan total panajng pondasinya adalah 100 m maka biaya pondasi total = 100 m x Rp. , 00 = (update)
Harga diatas hanya sebagai ilustrasi perhitungan saja, namun rumus-rumusnya dapat dipakai dengan mengganti harga bahan dan upah sesuai kondisi nyata dipasaran dalam waktu proses pembangunan pekerjaan pondasi berlangsung
Posting Komentar

RUMAH IDELA MINIMALIS 10X20 M2

RUMAH UKURAN 7 X 12.50 M2 ( 2 LANTAI )

DESAIN TERBARU RUMAH UKURAN 10 X 20 M2

PROMO DESAIN RUMAH MINIMALIS MEWAH 2 LANTAI

RUMAH IDEAL MINIMALIS 10X20 M2

PROMO RUMAH MINIMALIS 2 LANTAI 15 X 20 M2

RUMAH TIPE 70/120 (8X15 M2 )

RUMAH TIPE 70/136 ( 8 X 17 M2 )

INFORMASI TERBARU CLUSTER PITARA LOKA

GALERI TDESIGN 2015

SALAH SATU PROJECT RUMAH TERBANGUN DI TAHUN 2016