TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEB TDESIGN. SALAM BERBAHAGIA SELALU UNTUK SEMUA, SALAM SUKSES DAN SELAMAT BERAKTIVITAS.

LIHAT....PROFIL DESAIN YANG SUDAH KAMI KERJAKAN

PILIHAN HARGA JASA DESAIN

WELCOME HAK CIPTA,TDESIGN..Dilarang memakai/menggunakan seluruh isi/materi/desain dari blog ini tanpa ijin dari TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

PERHATIAN . !!

KEPADA YTH. BP. DEDI ALEXANDER..JIKA BAPAK BERITIKAD BAIK DAN MENGHORMATI PROFESI KAMI, SILAHKAN BAPAK KONFIRMASI MENGENAI JANJI DAN KEWAJIBAN BAPAK YANG BELUM BAPAK SELESAIKAN.HUBUNGI EMAIL KAMI. TERIMA KASIH TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

Teknik pasang pondasi yang benar



Pondasi adalah bagian paling dasar sebuah bangunan rumah. Di dalam pembuatannya, jenis dan ukuran pondasi bermacam-macam disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan struktur bangunan yang akan dibuat. Sebagai contoh, pondasi untuk ruang dapur, air mancur, dan gedung akan berbeda-beda.
Berikut ini langkah-langkah pembuatan pondasi rumah secara umum :
1. Menentukan Jenis Pondasi yang Digunakan
Seperti yang sudah disinggung di atas, pembuatan pondasi harus mengacu pada kondisi lingkungan dan struktur bangunan. Ada 2 macam jenis pondasi rumah antara lain :
  • Pondasi dangkal : Pondasi dangkal dibangun di atas permukaan tanah dan permukaan keras. Ukuran kedalaman pondasi dangkal tidak lebih dari 1 meter. Jenis pondasi ini digunakan untuk proyek yang bersifat sederhana seperti pembangunan air mancur, patio, serta pengatur udara.
  • Pondasi dalam : Pondasi dalam digunakan untuk proyek yang bersifat kompleks. Selain digunakan untuk proyek yang rumit, jenis pondasi ini juga dipakai ketika kondisi permukaan tanah kurang baik atau berada di kawasan perbukitan. Pondasi ini memiliki ukuran kedalaman lebih dari 1 meter. Contoh bangunan yang menggunakan pondasi ini adalah garasi dan gudang yang terpisah dari rumah utama.
2. Buat Lebar Pondasi Sekitar 50 cm
Setelah anda membuat kedalaman pondasi secara merata, maka selanjutnya adalah menyesuaikan lebarnya. Adapun lebar pondasi yang ideal adalah sekitar setengah meter. Ukuran seperti ini akan mempermudah anda dalam memasukkan bebatuan dan semen sebagai pembentuk pondasi.
3. Memasang Papan-papan di Pondasi
Adapun fungsi papan ini adalah sebagai penahan tanah di pondasi agar bentuknya sesuai dengan yang sudah dirancang. Susun papan-papan ini di kedua sisi secara kuat. Buat susunan papan ini berbentuk kotak-kotak yang agak panjang. Pastikan seluruh pondasi telah dibuat dengan benar mengingat akan sulit sekali untuk memperbaikinya setelah adonan semen dimasukkan ke dalamnya.
4. Membuat Adonan Semen
Ambil beberapa ember semen di sebuah adukan, tambahkan air sesuai petunjuk yang terlampir di kemasan semen. Aduk secara rata. Pastikan adukan semen sudah benar dengan memeriksa tingkat kekentalannya. Jangan sampai adonan terlalu kering.
5. Membangun Pondasi Rumah
Tuangkan semen ke dalam pondasi yang telah dibuat. Gunakan bantuan sekop untuk memperhalusnya. Jika anda ingin permukaan yang agak kasar, bisa menggunakan sapu lidi yang diketuk-ketukan di atasnya.
6. Pondasi Selesai Dibuat
Biarkan semen mengering dulu. Paling tidak hal ini akan memakan waktu sekitar 24 jam. Setelah itu, lepaskan papan-papan yang menopang di kedua sisinya. Selanjutnya, biarkan pondasi anda mengering secara normal. Maksudnya, ketika cuaca terlalu panas sebaiknya diberikan siraman air di tanah sekitarnya. Sementara itu, tutup pondasi dengan lembaran plastik apabila hujan. Air hujan dapat menyebabkan depresi pada pondasi dan menyebabkan permukaannya berlubang-lubang.
Posting Komentar

RUMAH IDELA MINIMALIS 10X20 M2

RUMAH UKURAN 7 X 12.50 M2 ( 2 LANTAI )

DESAIN TERBARU RUMAH UKURAN 10 X 20 M2

PROMO DESAIN RUMAH MINIMALIS MEWAH 2 LANTAI

RUMAH IDEAL MINIMALIS 10X20 M2

PROMO RUMAH MINIMALIS 2 LANTAI 15 X 20 M2

RUMAH TIPE 70/120 (8X15 M2 )

RUMAH TIPE 70/136 ( 8 X 17 M2 )

INFORMASI TERBARU CLUSTER PITARA LOKA

GALERI TDESIGN 2015

SALAH SATU PROJECT RUMAH TERBANGUN DI TAHUN 2016