TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI WEB TDESIGN. SALAM BERBAHAGIA SELALU UNTUK SEMUA, SALAM SUKSES DAN SELAMAT BERAKTIVITAS.

LIHAT....PROFIL DESAIN YANG SUDAH KAMI KERJAKAN

PILIHAN HARGA JASA DESAIN

WELCOME HAK CIPTA,TDESIGN..Dilarang memakai/menggunakan seluruh isi/materi/desain dari blog ini tanpa ijin dari TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

PERHATIAN . !!

KEPADA YTH. BP. DEDI ALEXANDER..JIKA BAPAK BERITIKAD BAIK DAN MENGHORMATI PROFESI KAMI, SILAHKAN BAPAK KONFIRMASI MENGENAI JANJI DAN KEWAJIBAN BAPAK YANG BELUM BAPAK SELESAIKAN.HUBUNGI EMAIL KAMI. TERIMA KASIH TDESIGN 085353782909 / 085722812597.Trims

7 Tips Menata Rumah Mungil

Rumah mungil/ilustrasi

 TIPS. 1

REPUBLIKA.CO.ID,
 Menata rumah mungil memang gampang-gampang susah. Ruangan sempit menjadi tantangan tersendiri agar seluruh kebutuhan penghuni rumah terpenuhi. Namun, jangan kecil hati. Imelda Akmal, lulusan Arsitektur Universitas Trisakti yang menuliskan buku Menata Rumah Mungil, memberikan kiat-kiat menata rumah kecil. Berikut di antaranya:
1. Penataan rumah mungil perlu kesatuan tema karena tiap ruang harus merupakan kesatuan utuh yang tak terpisahkan. Tema yang beragam akan membuat rumah mungil terasa sesak. Jika Anda memilih konsep penataan etnis, konsisten terhadap tema ini. Begitu pula jika Anda bermaksud menonjolkan kesan modern. Pilihlah perabotan dan pelengkap lain yang mendukung tema ini.
2. Penggabungan fungsi ruang pada rumah mungil dapat menciptakan kesan lega. Misalnya saja ruang dapur yang dirangkap dengan ruang makan, ruang makan dengan ruang keluarga, atau ruang tidur anak dengan ruang belajar.
3. Pergantian ruangan juga merupakan langkah melapangkan ruangan sempit. Anda bisa mengubah sofa duduk di ruang keluarga jadi tempat tidur hingga ruang duduk bisa berfungsi sebagai kamar bila ada kerabat yang menginap. Kolong meja atau kursi bisa disulap menjadi laci untuk menyimpan perkakas ayah atau perlengkapan lain.
4. Pilihlah mebel dan perabot pendukung yang proporsional. Bisa dengan jalan memilih mebel berukuran lebih mungil dan ringkas. Kursi ruang tamu tak harus seperangkat sofa yang berlengan. Pilih kursi yang ramping dan tak terlalu tebal joknya. Saat ini banyak toko mebel yang menyediakan kursi dari besi tempa atau meja kayu. Pilihan kursi juga tak perlu terlalu lebar, misalnya yang menampung tiga orang. Cukup kursi dengan dua dudukan karena jarang ada yang mau duduk bertiga di satu kursi jika tak terpaksa. Yang perlu diperhatikan, jangan membeli mebel sebelum Anda tahu pasti ukuran ruangan.
5. Pilihlah corak yang kecil dan tak terlalu ramai atau mencolok untuk perabot. Corak garis-garis mendatar bisa membuat kesan luas pada ruangan. Corak yang besar akan membuat ruangan pengap dan sesak.
6. Pilihlah warna yang tepat. Anda bisa memanfaatkan permainan warna untuk menciptakan kesan lapang. Untuk mengesankan atap yang tinggi, pilih cat eternit satu tingkat lebih muda dari cat dinding. Untuk menghemat pengeluaran, cat dinding sebaiknya bewarna netral (krem, kuning gading, putih). Warna ini selalu cocok dengan kebanyakan mebel sehingga Anda tak perlu mencat dinding saat mebel diganti.
7. Buat ruang terbuka sebanyak mungkin. Untuk rumah mungil, pintu yang terlalu banyak akan menambah kesan sempit. Biarkan banyak ruang terbuka untuk menambah kesan lega. Sebagai pembatas ruangan, gunakan partisi yang bisa digeser dan dilipat. Jika masih berkesan sempit, atur mebel Anda saling berbatasan. Misalnya dengan menyusun kursi saling bertolak belakang, atau menempatkan rak tembus pandang antara ruang tamu dan ruang makan.

TIPS 2



Hingga kini rumah bercorak minimalis masih digemari masyarakat. Rumah seperti ini bisa menjadi jawaban dalam mengatasi rumah sempit, terutama di rumah berlahan terbatas di kota-kota besar. Dengan corak rumah seperti ini, maka fungsi ruang bisa dimaksimalkan.


Rumah yang sempit membutuhkan sentuhan dan penataan minimalis dengan cara yang berbeda, terutama dalam hal perencanaan dan penataan interiornya. Ini penting agar kesan lapang dapat dirasakan pada ruangan yang terbatas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata interior minimalis di rumah yang sempit.

1. Hindari menggunakan sekat ruangan yang permanen. Penggunaan sekat untuk memisahkan ruangan hanya akan menimbulkan kesan sempit. Jika memang terpaksa harus menggunakan sekat, pilihlah yang sifatnya temporer atau aksesori saja. Fungsinya hanya memisahkan antarruangan dan bukan membatasi.

2. Prinsip desain minimalis adalah sempurna, pas, dan tidak berlebihan. Karena itu, pilihlah bentuk aksesori ruangan yang bersih, tegas, tanpa profil, dan bentuk geometris yang minimal.

3. Jika Anda menyukai karpet, pilihlah yang warnanya solid namun tanpa motif. Corak seperti ini akan membuat ruangan terkesan lapang.

4. Bagi yang ingin mempercantik ruangan dengan menambah aksesori berupa lukisan, pilihlah yang komposisi dan frame-nya sederhana tanpa ukiran atau profil. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak memasang lukisan, karena akan membuat ruangan terasa sempit.

5. Pilihan furnitur juga perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih furnitur yang sederhana tanpa profil dan ukiran dengan warna-warna gelap, seperti cokelat gelap.

6. Pada ruang keluarga gunakan permainan warna cokelat atau serat-serat kayu. Model furniturnya juga yang sederhana tanpa profil atau ukiran.

7. Untuk kamar tidur, pilihkaan warna cerah untuk dinding. Jika ingin menggunakan aksen, pakai aksen yang biasanya ada di belakang headboard ranjang. Sedangkan jika menggunakan wallpaper, pilihlah model anyam-anyaman bambu atau dedaunan. Pilih tempat tidur yang modelnya sederhana dan sesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada. Jangan pasang tempat tidur yang terlalu besar, karena akan membuat ruang gerak terbatas.

Sumber : http://bit.ly/19f8WJu
http://bit.ly/IOBnly
Posting Komentar

RUMAH IDELA MINIMALIS 10X20 M2

RUMAH UKURAN 7 X 12.50 M2 ( 2 LANTAI )

DESAIN TERBARU RUMAH UKURAN 10 X 20 M2

PROMO DESAIN RUMAH MINIMALIS MEWAH 2 LANTAI

RUMAH IDEAL MINIMALIS 10X20 M2

PROMO RUMAH MINIMALIS 2 LANTAI 15 X 20 M2

RUMAH TIPE 70/120 (8X15 M2 )

RUMAH TIPE 70/136 ( 8 X 17 M2 )

INFORMASI TERBARU CLUSTER PITARA LOKA

GALERI TDESIGN 2015

SALAH SATU PROJECT RUMAH TERBANGUN DI TAHUN 2016